Sabtu, Desember 01, 2007

Ayo kita dukung F1 di bali

Ayo kita dukung F1 di bali

Indonesia Kaji Gelar Formula 1 di Bali

JAKARTA--MEDIA: Menyusul Malaysia dengan sirkuit Sepang, Indonesia mengkaji kemungkinan menggelar balap jet darat, Formula 1 di Bali.
Usulan pagelaran Formula 1 di Bali disampaikan pembalap Zahir Ali dan manajernya Troy Reza Waroka kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wapres, Jumat (30/11).
"Sambutan Pak Wapres cukup baik, beliau membahas tentang pengaruhnya terhadap perekonomian. Sebab, kalau ditempat lain (selain Bali), aspek ekonomi belum jalan," kata Troy.
Troy mengaku begitu Zahir Ali mengusulkan kemungkinan menggelar Forumla 1 di Bali, Wapres langsung mengambil kertas dan membuat perhitungan. "Wapres menyebutkan kalau diadakan di Bali konteksnya berkaitan dengan pariwisata, berarti yang nonton adalah wisatawan," cetusnya.
Menurut Troy pagelaran Formula 1 di berbagai negara sangat menguntungkan dari sisi ekonomi. Malaysia misalnya, keberadaan sirkuit Sepang yang melombakan Formula 1, mengeruk pendapatan sampai USD30 juta.
"Uang yang didapatkan dari tiket penonton cukup besar, tim itu juga membawa banyak orang dan ini membawa pengaruh yang besar," tuturnya.
Animo masyarakat Indonesia sendiri untuk menonton Formula 1 sangat besar. "Kalau ada balapan di Sepang, ternyata 50 % penontonnya adalah orang Indonesia," jelasnya.
Sementara itu Zahir Ali menyatakan Indonesia bisa secara bertahap masuk Formula 1 dengan cara menggelar Formula 3 terlebih dulu tahun depan.
Juara Formula 3 BMW Asia tersebut menyatakan Bali menjadi lokasi yang paling tepat mengingat lokasinya yang sudah mendunia. (Fud/OL-1)

http://www.mediaindonesia.com/berita.asp?id=150908

Wapres Dukung Penyelenggaraan Formula-1 di Bali
Laporan Wartawan Kompas Suhartono

JAKARTA, KOMPAS - Menyusul Malaysia dan Singapura, pemerintah Indonesia juga berniat menyelenggarakan lomba Formula-1 di Pulau Bali pada tahun-tahun mendatang. Dukungan itu disampaikan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla saat menerima juara pertama lomba Formula BMW Asia 2007 di Zhuhai, China, Zahir Ali, Jumat (30/11) di Istana Wapres, Jakarta.
Pembalap berusia 19 tahun itu didampingi manajernya Troy Reza Warokka diterima Wapres Kalla, untuk melaporkan kemenangannya dan berdiskusi mengenai ajang internasional yang bisa mendorong pariwisata dan devisa negara. "Wapres sangat merespon dengan positif. Bahkan, beliau mencatat dalam notanya untuk ditindaklanjuti lagi," ujar Zahir.
Menurut Wapres, rencana penyelenggaraan lomba F-1 dinilai sangat tepat, terutama untuk meningkatkan pendapatan devisa dan jumlah pariwisata. "Kata Pak Wapres, tempat yang paling memungkinkan memang di Bali karena potensial pengunjung dan lokasi pariwisata," ujar Zahir.
"Kalau di Bali jelas yang nonton wisatawan domestik dan wisatawan asing," tambah Troy Reza.
Menurut Troy, dengan membandingkan keuntungan negara Malaysia saat menyelenggarakan F-1, sebanyak 50 persen penonton di sana justru orang Indonesia.
"Kalau Malaysia menggelar F-1, setiap minggunya, panitia bisa mengantongi pendapatan sekitar 30 juta dollar lebih. Itu baru dari penonton saja. Belum kalau dari akomodasi dan lain-lainnya yang dibawa oleh tim F-1. Tim F-1 ini kalau datang bisa berjumlah ratusan orang dan bisa membooking satu hotel," papar Troy.

http://kompas.com/ver1/Olahraga/0711/30/120647.htm

Tidak ada komentar:

DISCLAIMER
all the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. we don't hold any copyright about these pictures and news. these pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. if any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.