Kamis, November 15, 2007

Type2 orang tua

Buat kalian yang mau tau tipe orang tua kalian, atau bahkan untuk yang sudah menikah, dibawah ini ada beberapa sifat2 orang tua yang mungkin cocok dengan keadaan kalian.


Attacher
Ciri-ciri : mencoba mendekatkan diri kepada anak2nya, selalu menjaga citra, dan berorientasi apa kata orang terhadap mereka. Kepribadian mereka mengacu kepada emosi, perasaan, citra dan penerimaan.
Sisi positif : percaya diri, memberi dukungan kepada anak dan potensi orang lain, memberi dengan tulus, mampu membangun hubungan, empati dan penuh perhatian.
Sisi negatif : selalu mencari penerimaan dari lingkungan, moddy, suka menyanjung anak, selalu ingin memiliki citra orangtua sempurna, mementingkan hasil dan kurang sabar dalam pelaksanaan, menghindari hal-hal rutin, melankolis, emosional dan egosentris.

Detacher
Ciri-ciri : menjaga jarak, kepribadian yang mengacu kepada pikiran, konsep dan aktifitas mental, suka menganalisa, mengumpulkan gagasan dan pengetahuan untuk bisa mengerti banyak hal, mengandalkan pikiran logis dalam berargumentasi.
Sisi positif : rasionalitas, ketenangan yang seimbang, obyektifitas, mandiri, tidak menghakimi, bisa menahan diri, bertanggung jawab, tekun, mampu berpikir jernih dan memecahkan masalah.
Sisi negatif : menarik diri dari interaksi pribadi, menginginkan privasi, kurang spontan, tidak komunikatif, ketakutan, ragu-ragu, defensive, curiga, suka menunda-nunda.

Defender
Ciri-ciri : suka membela diri, kepribadiannya mengacu pada fisik, naluri dan penghargaan.
Terlalu mengandalkan nalurinya untuk merasa aman, ingin didengar dan ingin dihargai oleh anak-anaknya.
Sisi positif : terus terang, melindungi yang lemah, mampu berkonfrontasi, berorientasi pada detail, terus menerus memperbiki diri, memiliki kemampuan analitis.
Sisi negatif : otoriter, kaku, menyalahkan orang lain, berfokus pada kesalahan, tidak fleksibel dan sensitif atas kritik.

Dominan
Ciri : agresif, aktif, suka memaksa, penerima risiko dan tantangan, ekstrovert, pemimpin yang baik, emosional, mudah mengambil keputusan, mendominasi.
Kelemahan : egosentris, merasa diri paling benar dan pintar, sulit mendengar.

Penghibur
Ciri : terbuka, suka bicara, antusias, aktif, humoris, responsif, menjaga hubungan jangan sampai ada yang terluka, mudah bergaul.
Kelemahan : emosional, terlalu banyak bicara, tidak focus, sulit mendengar.

Pencemas
Ciri : menghindari konflik, pendengar yang baik, sabar, setia, emosinya stabil, kuat menghadapi tekanan.
Kelemahan : lamban , kurang antusias, monoton, tidak berani menerima resiko, suka menunda.

Akurat
Ciri : sangat hati-hati, selalu memperhitungkan baik buruknya sebuah keputusan, kreatif mencari solusi, tertutup, menghindari tantangan, analitis.
Kelemahan : lambat dalam mengambil keputusan, terlalu banyak berpikir, cerewet, penuntut, standar yang tinggi, mudah kecewa dan tidak bisa menerima kegagalan.

Tidak ada komentar:

DISCLAIMER
all the pictures and news shown on this blog are the property of their respective owners. we don't hold any copyright about these pictures and news. these pictures have been collected from different public sourses including different websites, considering to be in public domain. if any one has any objection to displaying of any picture and news, it may be brought to our notice by sending email & the same will be be removed immediately,after verificaton of the claim.